Menghitung Rangka Atap Baja Ringan? Caranya?
Cara Menghitung Luas Rangka Atap Baja Ringan? – Saat ini sudah banyak rumah-rumah atau gedung yang menggunakan rangka atap baja ringan, penggunaan rangka atap jenis ini selain kuat dan kokoh juga lebih tahan lama dibandingkan dengan rangka atap kayu maupun cor.
Selain itu rangka atap baja ringan ini juga mudah dalam proses pemasangan maupun penggantiannya dan jika sewaktu-waktu ingin dibongkar maka tidak membutuhkan waktu yang lama.
Apabila ingin memasang rangka atap baja ringan maka harus tahu terlebih dahulu berapa luas ukuran yang dibutuhkan karena apabila sampai salah perhitungan maka tidak hanya rugi dalam biaya saja namun proses pemasangannya pun juga lebih lama sebab harus menyesuaikan kembali.
Dengan begitu sangat disarankan harus benar-benar cermat dalam menentukan berapa luas ukuran yang dibutuhkan dalam pemasangan rangka atap tersebut.
Sebenarnya sekarang ini, jika ingin memasang rangka atap baja ringan tidak perlu khawatir dalam penghitungan. Karena sudah ada rumus yang digunakan baik itu secara manual alias menghitung luas rangka atap Baja ringan sendiri maupun memakai aplikasi.
Cara menghitung luas rangka atap baja ringan bisa dikatakan susah-susah gampang, mungkin bagi yang sudah berpengalaman dan terbiasa pasti tidak mengalami kesulitan dalam hal-hal seperti ini. Namun bagi yang masih awam dan dalam proses belajar maka membutuhkan waktu yang lama untuk menghitung luas dari rangka yang dibutuhkan.
Berikut cara menghitung luas rangka atap baja ringan baik secara manual ataupun memakai aplikasi :
Sebagai contoh, misalnya ukuran bangunan rumah anda 10 x 10 meter tambah overstek setiap ke 4 sisi bangunan 1 meter, dengan derajat kemiringan 35 derajat, maka hasil dari perhitungan volume rangka atap baja ringan adalah :
  • Panjang bangunan   = 10+1+1            = 12 meter
  • Lebar bangunan      = 10+1+1             = 12 meter
  • Derajat kemiringan = cos 35               = 0,819
  • Volume                    = 12 x 12 : 0,819 = 175,8 meter2
Hasilnya bisa diketahui sudah, luas rangka atap baja ringan bangunan rumah adalah : 175,8 meter2,
Hal diatas merupakan sedikit informasi tentang bagaimana cara menghitung rangka atap baja ringan, seperti yang sudah jelaskan menghitung luas rangka atap baja ringan tersebut membutuhkan ketepatan sehingga tidak akan rugi biaya dan waktu apabila ukuran tersebut salah.
Namun jika mengalami kesulitan dalam menghitung luas rangka atap baja ringan, tidak ada salahnya meminta bantuan kepada orang yang lebih ahli seperti tukang ataupun orang yang memang bekerja di bidang tersebut. Atau ingin lebih aman dan tidak perlu repot repot salah dalam pemotongan bisa juga menggunakan baja ringan system untuk keamanan yang lebih terjamin.
Sumber : Google
Axact

BAJA RINGAN

Sebuah sistem rangka atap baja ringan berteknologi tinggi hasil pengembangan teknologi industri konstruksi yang tak berkesudahan dengan jaminan kekuatan dan kelayakan struktur yang sesuai dengan standar-standar keamanan konstruksi yang ada.

Post A Comment:

0 comments: