Jenis Baja Ringan Taso dan Kenali Kelebihannya
Baja ringan telah menggantikan peran kayu atau baja konvensional untuk menyangga rumah. Salah satu brand baja ringan yang sangat populer di pasaran adalah baja ringan taso. Rangka baja ringan taso menggunakan teknologi terbaru untuk struktur atap yang menerapkan konstruksi baja yang kuat tetapi ringan. Baja ringan taso terbuat dari bahan atap galvalume, yaitu material baja dengan pelapisan yang mengandung unsur karbon, alumunium dan zinc yang tahan terhadap korosi dan sesuai standard ISO.
Lalu apa saja jenis-jenis dan kelebihan dari baja ringan taso?

Baja Ringan Taso Berbentuk “C”

Jenis baja ringan taso berbentuk kanal C ini merupakan produk baja ringan taso yang paling umum digunakan. Bentuk ini dapat dipergunakan sebagai penyusun konstruksi baja ringan sebagai rangka atap rumah atau gedung. Baja ringan taso ini pun telah banyak hadir di pasaran sehingga tidak perlu bingung lagi di mana untuk dapat menemukan baja ringan taso model C ini.
Bentuk ini juga merupakan bentuk yang pertama pada material batang baja ringan taso. Bentuk ini digunakan pada baja konvensional jauh sebelum adanya baja ringan yang hingga saat ini masih dipakai. Kelebihan dari baja ringan taso model “C” ini adalah pada saat digabungkan dua batang baja ringan yang saling berhadapan dan dapat disatukan menjadi bentuk kotak, sehingga memperkuat rangka satu sama lain.

Baja Ringan Taso Model Reng

Baja ringan taso model Reng baja ringan taso yang memiliki bentuk seperti huruf “A”. Baja ringan taso ini juga merupakan balok kecil yang digunakan sebagai dudukan genteng untuk rangka atap baja ringan. Baja ringan reng digunakan untuk pengikat kuda-kuda dan gording yang posisinya melintang di atas kuda-kuda dan gording, serta mengikat kuda-kuda dan gording tersebut hingga membentuk suatu kerangka yang kokoh.
Baja ringan reng adalah profil yang paling kecil bentuk dan ukurannya. Fungsinya sebagai penahan genteng dan sebagai pengatur jarak setiap baris genteng agar lebih rapi dan lebih pas perletakannya.
Lalu apa keunggulan atau Kelebihan dari baja ringan taso?
Besi dan baja merupakan elemen yang berbeda. Jika besi dalam waktu yang panjang dapat mengalami karat, maka baja ringan tidak akan mengalami karat. Hal ini dikarenakan bahan utama baja ringan terbuat dari galvalum, yaitu sebuah pelapis anti karat yang terbuat dari zinc, karbon, dan alumunium.
Rangka baja ringan cocok digunakan pada garasi dengan carport karena seringnya paparan panas dan hujan. Pada jangka panjang, kamu juga tidak perlu melakukan perawatan rutin.
  • Pemasangannya Cukup Mudah
Penggunaan baja ringan taso untuk rangka struktur bangunan cocok untuk menekan budget dan waktu pembangunan. Pemasangan baja ringan juga mudah karena hanya dirakit menggunakan baut khusus, tidak seperti rangka besi yang harus dirakit menggunakan mesin las dan jelas memakan waktu lebih lama. Bobot baja ringan juga tentu lebih ringan ketimbang rangka besi sehingga dapat dikerjakan oleh beberapa orang pekerja saja.
  • Biaya untuk Baja Ringan Taso Lebih Terjangkau
Secara keseluruhan saat dimulai pembangunan hingga perawatan, biaya yang dikeluarkan untuk rangka baja ringan bisa dibilang sangat terjangkau dibandingkan dengan kerangka dari bahan lainnya. Pada pemasangan pun lebih murah karena rangka baja ringan membutuhkan waktu yang lebih cepat dengan menggunakan baut-baut khusus.
Untuk segi perawatan, baja ringan hampir tidak membutuhkan tambahan lapisan khusus dan jauh lebih awet ketimbang bahan yang lain. Kemungkinan rusaknya pun kecil sehingga tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk biaya perawatan dalam jangka waktu tertentu.
  • Baja Ringan Taso Anti Terbakar
Untuk sisi keamanan rangka baja ringan bisa jadi pertimbangan utama dalam mencegah kebakaran rumah. Rangkanya merupakan non-combustible, yaitu tidak bisa membesarkan api. Sewaktu-waktu rumah mengalami musibah kebakaran, baja ringan tidak akan membuat api semakin besar dan menjalar ke sisi lainnya.
  • Baja Ringan Taso Anti Rayap
Ini adalah satu keunggulan yang jelas membedakan keistimewaan baja ringan dengan rangka bangunan dari bahan kayu. Tidak seperti rangka kayu, baja ringan taso tidak akan mengalami serangan rayap karena materialnya tidak bisa dimakan rayap. Dengan demikian kamu dapat lebih menghemat biaya.
  • Baja Ringan Taso Tidak Mengalami Pemuaian dan Penyusutan
Satu keistimewaan lagi dari baja ringan adalah ketahanannya yang luar biasa terhadap perubahan cuaca. Di saat bahan lainnya mengalami proses pemuaian dan penyusutan akibat berganti-gantinya cuaca, rangka baja ringan ini tidak akan memuaiatau menyusut.
  • Baja Ringan Taso Memiliki Sifat Daktilitas
Sifat liat adalah kemampuan baja ringan untuk menyerap energi dalam jumlah yang cukup besar dan mampu menopang beban yang cukup berat. Pada istilah teknik sipil, baja ringan sanggup menahan deformasi yang besar tanpa menyebabkan keruntuhan pada beban tarik satu sama lainnya. Baja ringan mampu menahan beban konstruksi tanpa menyebabkan kehancuran.
Hal ini berbeda dengan material baja konvensional atau kayu yang bersifat keras dan getas yang akan langsung hancur apabila dikenai beban kejut yaitu yang dinamakan proses daktilitas yang kuat. Rangka atap baja ringan taso bisa diberikan kelenturan, beban kejut, dan beban geser sehingga bentuk strukturnya pun bisa lebih fleksibel dengan kondisi tertentu jika sewaktu-waktu terjadi bencana atau hal lainnya.
Sumber : Google
Axact

BAJA RINGAN

Sebuah sistem rangka atap baja ringan berteknologi tinggi hasil pengembangan teknologi industri konstruksi yang tak berkesudahan dengan jaminan kekuatan dan kelayakan struktur yang sesuai dengan standar-standar keamanan konstruksi yang ada.

Post A Comment:

0 comments: